Friday 26 November 2010

SITEMATIKA LAPORAN PRAKERIN


BAB IV
SISTEMATIKA PENULISAN PRPOSAL PROYEK TUGAS AKHIR


1.     Lembar Sampul
2.     Lembar Pengesahan
3.     Kata Pengantar
4.     Daftar Isi
5.     Daftar Tabel
6.     Daftar Lampiran
7.     Bab I PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang, berisi tentang alasan pemilihan/penentuan topik/ judul yang akan dibuat disertai uraian singkat terhadaf objek yang akan dibut.
1.2    Maksud dan Tujuan , berisi tentang maksud dan tujuan siswa.siswi membuat laporan tugas akhir.
8.     BAB II, TINJAUAN PUSTAKA, berisi uraian lengkap dan disertai dengan referensi yang relevan terhadap objek yang dibuat ( dapat dibagi beberapa sub bab sesuai dengan keperluan dalam uraian., contoh.
        2.1      Tinjauan Laboratorium B4T
        2.2      Tinjauan Laboratorium Bagian Semen di B4T
9.     BABA III PROSES PRODUKSI
 3.1      Tempat & Waktu, berisi uraian temapat dan lamanya pelaksanaan.
 3.2      Sarana & Prasarana, berisi uraian alat, bahan, dan tenaga kerja yang akan digunakan dalam proses prmeriksaan atau proses produksi/ kegiatan.
3.2       Proses Pemeriksaan dilaboratorium




3.4.      Teknik Pemeriksaan dilaboratorium, tahap-tahap pengujian di laboratorium
10.       BAB IV PENUTUP, berisi uraian singkat dan jelas tentang perencanaan pengerjaan penulisan laporan tugas akhir setelah melaksanakan prakerin.
11.       DAFTAR PUSTAKA, berisi tentang daftar buku-buku penunjang dalam kaitannya dengan topik/judul yang dikerjakan. Contoh penulisan daftar pustaka :
            Ganiswarna, Sulistia G, 1995, Farmakologi dan Terapi, Edisi IV, Balai Penerbit FKUI, Jakarta.
Departemen Kesehatan RI, 1981, Peraturan Mentri Kesehatan RI nomor 26/Menkes/per/II/1981 tentang Pengelolaan dan Tata Cara Pemberian Izin Apotek, Jakarta.
            Departemen Kesehatan RI, 1995, Farmakope Indonesia, Edisi IV, Jakarta.
12.       LAMPIRAN, berisi bahan-bahan yang ada kaitannya dengan penulisan proposal tugas akhir.
            LAMPIRAN 1. Resep Standar
            LAMPIRAN 2. monografi
            LAMPIRAN 3. Perhitungan Bahan
            LAMPIRAN 4. Perhitungan Estimasi Biaya
            LAMPIRAN 5. Contoh Leaflet
            LAMPIRAN 6. Contoh Kemasan Primer
            LAMPIRAN 7. Contoh Kemasan Skunder









BAB V
SISTEMATIKA PENULISAN LAPORAN TUGAS AKHIR


1.     Lembar Sampul
2.     Lembar Pengesahan
3.     Kata Pengantar
4.     Daftar Isi
5.     Daftar Tabel
6.     Daftar Lampiran
7.     BAB I PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang, berisi tentang alasan pemilihan/penentuan topik/ judul yang akan dibuat disertai uraian singkat terhadaf objek yang akan dibut.
1.2    Maksud dan Tujuan , berisi tentang maksud dan tujuan siswa.siswi membuat laporan tugas akhir.
8.     BAB II, TINJAUAN PUSTAKA, berisi uraian lengkap dan disertai dengan referensi yang relevan terhadap objek yang dibuat ( dapat dibagi beberapa sub bab sesuai dengan keperluan dalam uraian., contoh.
        2.1      Tinjauan Laboratorium B4T
        2.2      Tinjauan Laboratorium Bagian Semen di B4T
9.     BABA III PROSES PRODUKSI
 3.1      Tempat & Waktu, berisi uraian temapat dan lamanya pelaksanaan.
 3.2      Sarana & Prasarana, berisi uraian alat, bahan, dan tenaga kerja yang akan digunakan dalam proses prmeriksaan atau proses produksi/ kegiatan.
3.2       Proses Pemeriksaan dilaboratorium




3.4.      Teknik Pemeriksaan dilaboratorium, tahap-tahap pengujian di laboratorium
3.5       Perhitungan laba –rugi, berisi uraian harga bahan yang diperlukan, biaya produksi, keuntungan, pajak, harga jual, dan lain-lain yang terkait.
BAB IV. HASIL DAN PEMBAHASAN, berisi uraian hasil proses produksi, meliputi hasil produksi/sediaan yang dicapai, factor penghambat dan factor pendukung terhadap hasilyang dicapai, disertai pembahasan-pembahasan lain yang terkait.
BAB V. PENUTUP
5.1 Kesimpulan, berisi tentang uraian ringkas dan jelas tentang kesimpulan dari hasil yang diperoleh.
5.2 Saran, berisi uraian gagasan baru terhadap hasil yang diperoleh untuk perbaikan masa yang akan dating.
12. DAFTAR PUSTAKA, berisi tentang daftar buku-buku penunjang dalam kaitannya dengan topik/judul yang dikerjakan.
13. LAMPIRAN, berisi bahan-bahan yang ada kaitannya dengan penulisan proposal tugas akhir.
LAMPIRAN 1. Resep Standar
            LAMPIRAN 2. monografi
            LAMPIRAN 3. Perhitungan Bahan
            LAMPIRAN 4. Perhitungan Laba-Rugi
            LAMPIRAN 5. Leaflet
            LAMPIRAN 6. Kemasan Primer
            LAMPIRAN 7. Kemasan Skunder
LAMPIRAN 8. Lembar Bimbingan




BAB VI
PENUTUP


                   Demikianlah Pedoman Penyelenggaraan Uji Kompetensi Siswa SMK YPPT Majakengka Program Keahlian Analis Kimia, Semoga dapat dipahami oleh semua pihak, pimpinan sekolah, guru, pembimbing, dan siswa.
                   Dengan memahami pedoman ini, diharapkan para unsure terkait dapat menjalankannya dengan penuh rasa tanggung jawab.
                   Diharapkan semoga Pelaksanaan Uji Kompetensi dapat dewrjalan lancar sesuai program yang sudah diterapkan. Amin.
                   Sekian dan terima kasih.































































PEDOMAN PENYELENGGARAAN
UJI KOMPETENSI SISWA/i
PROGRAM KEAHLIAN ANALISIS KIMIA





UAN TUGAS AKHIR
2007/2008













DISUSUN OLEH
TEAM PRAKERIN








SEKOLAH MENEGAH KEJURUAN ANALIS KIMIA YPPT
PRORAM KEAHLIAN ANALISISI KIMIA
MAJALENGKA
2007



KATA PENGANTAR



            Assalamu Alaum Wr Wb
            Segala fuji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT. Atas rahmat dan hidayah-Nya sehingga pedoman penyelenggaraan Uji Kompetensi Siswa Program Keahlian Analisis Kimia Sekolah Menengah Kejuruan Analis Kimia dapat terselesaikan denga waktu yang ditentukan.
            Pedoman ini akan sangat bermanfaat sebagai pegangan para guru, pembimbing, penguji dan siswa yang akan melaksanakan uji kompetensi Program Keahlian analisis kimia.
            Pada kesempatan ini, penyusun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas dukungannya sehingga pedoman ini dapat terselesaikan. Penyusun menyadari bahwa pedoman ini masih jauh dari sempurna, maka kritik dan saran yang membangaun untuk perbaikan di masa yang akan datang sangat kami harapkan.
            Semoga pedoman ini dapat bermanfaat untuk semua pihak terutama terkait dengan Program keahlian analisis kimia.
Wassalamu’alaikum Wr Wb.


                                                                                                Majalengka November 2007

                                                                                             Penyusun

                                                                                             Team Produktif.






DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR……………………………………………………………       i  
DAFTAR ISI …………………………………………………………………….       ii
BAB I PENDAHULUAN………………………………………………………..       1
1.1                    Latar Belakang………………………………………………………….       1
1.2                    Maksud dan Tujuan…………………………………………………….       1
1.3                    Waktu dan tempat pelaksanaan…………………………………………      2
1.4                    Biaya pelaksanaan………………………………………………………      3
BAB II  TUGAS PEMBIMBING, PESERTA UJI DAN TIM UJI …………….       4
2.1                    Tugas Pembimbing…………………………………………………….       4
2.2                    Tugas Peserta Uji………………………………………………………       5
2.3                    Tugas Tim Uji…………………………………………………………        5
BABA III SISTEM PENILAIAN………………………………………………        6
3.1                    Kriteria Penilaian………………………………………………………       6
3.2                    Standarisasi Penilaian………………………………………………….       6
BAB IV SISTEMATIKA PENULISAN PROPOSAL TUGAS AKHIR……….       7
BAB V SISTEMATIKA PENULISAN LAPORAN TUGAS AKHIR…………      9
BAB VI PENUTUP……………………………………………………………..      11
LAMPIRAN…………………………………………………………………….      12







BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang.
         Pada dasarnya penyelenggaraan uji kompetensi bagi siswa di SMK Analis Kimia YPPT Majalengka dilaksanakan pada semester VI ( enam ). Kegiatan ini merupakan kegiatan wajib yang dilaksanakan oleh sekolah untuk mengakhiri massa study siswa selama 3 tahun. Uji Kompetensi ini berupa suatu hasil laporan penyelesaian Tugas Akhir.
Tugas Akhir merupakan suatu rangkaian kegiatan dari siswa untuk menunjukan kemampuan dan keahlian sebagai tenaga analisis di laboratorieum.
Hasil laporan tugas akhir ini akan dipertanggung jawabkan dalam Uji kompetensi siswa sebagai bukti seorang siswa dinyatakan kompeten dalam salah satu keahlian seorang tenaga laboratorium dengan memiliki sertifikat keahlian.

1.2        Maksud dan Tujuan.
1.      Mampu  menjadikan siswa cakap  terampil dalam melakukan pekerjaan sebagi tenaga laboratorium tingkat menengah.
2.      Menjadikan siswa mampu melaksanakan praktek dan teori yang sudah dimiliki.
3.      Menjadikan siswa mampu mengani hal-hal yang berkaitan sebagai tenaga laboratorium.







1.3        Waktu dan Tempat Pelaksanaan.
A.           Waktu Penyelenggaraan Uji Kompetensi
No
Kegiatan
Januari
Februari
Maret
April
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Rancangan Kerja
















2
Proses produk
















3
Laporan
















4
Presentasi
















5
Ujian Nasional


































BAB II
TUGAS PEMBIMBING, PESERTA UJI DAN TIM PENGUJI

2.1        Tugas Pembimbing.
Tugas pokok yang harus dilakukan oleh guru pembimbing dan sekaligus penilaian antara lain :
1.      Membimbing peserta uji dalam penyususnan proposal  laporan Tugas Akhir.                ( Project work )  yang sesuai dengan paket keahlian yang dipelajari oleh penguji dengan mengacu pada kisi-kisi.
2.      Menetapkan kelayakan proposal peserta uji dalam mempertimbangakan :
-         Keutuhan kompetensi sesuai kisi-kisi
-         Kelayakan pengamatan
-         Ketersediaan Fasilitas ( Peralatan ) yang ada disekolah maupun di DU/DI
-         Kesesuaian waktu yang dibutuhkan dalam penlitian pemeriksaan sample.
3.      Melaksanakan pembimbingan sesuai kebutuhan peserta uji.
4.      Menyusun pedoman penilaian kompetensi sesuai dengan apa yang judul pelaporan tugas akhir.
5.      Mencatat semua kegiatan konsultasi peserta uji.
6.      Memberikan bimbingan dan memonitor kegiatan peserta uji.
7.      Melakukan koordinasi dengan Ketua Program keahlian.
8.      Mencantumkan kode mata uji pada semua dokumen perangkat uji.






2.2.                  Tugas Peserta Uji
Setiap peserta uji melaksanakan kegiatan proyek berdasarkan apa yang mereka kerjakan pada saat PRAKERIN. Dengan langkah-langkah sbb :

1.            Menetukan judul.
2.            Membuat laporan sesuai ketentuan.
3.            Laporan berdasarkan kegiatan yang peserta uji lakukan.
4.            membuat gambar desai pekerjaan berdasarkan apa yang mereka kerjakan pada saat di laangan.
5.            Melaporkan kegiatan pada oembimbing
6.            Membuat Laporan.


2.3.                  Tugas Tim Penguji.
Tim Penguji terdiri dari guru produktif sebagi internal assessor dari unsure DU/DI       ( Assosiasi Profesi ) sebai external assessor bertugas sebagi berikut :
1.            Menilai pelaksanaan Presentasi laporan Tugas Akhir.
2.            Melaporkan hasil penilaian
3.            Merekomendasikan pemberian sertifikat bagi peserta uji kompetensi.







BAB III
SISTEM PENILAIAN

3.1        Kriteria Penilaian.
               Penilaian meliputi 3 aspek : Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan.
Penilaian dilakukan mulai dari pemilihan judul dan penetapan judul kemudian dilakukan tiap tahapan yakni dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap laporan. Tahap Perencaaan meliputi ; aspek kesiapan, pemahaman materi yang dijadikan tugas akhir, tap pelaksanaan meliputi aspek keterampilan dan aspek pelaksanaan pelaporan tugas akgir. Tahap pelaporan meliputi penulisan dan sistematika penulisanya dan mempertahankan didepan penguji.

3.2        Standarisasi Penilaian
Standarisasi Penilaian Uji kompetensi siswa adalah 7.00 ( Tujuh koma nol nol )
No
Angka
Huruf
Predikat Kelulusan
1
9.00 -10.00
A
SANGAT BAIK
2
8.00 – 8.99
B
BAIK
3
7.00 – 7.99
C
CUKUP
4
0.00 – 6.99
D
TIDAK LULUS


              



               LAMPIRAN
1.            Contoh Lembar Sampul Laporan

PRESETASE BORAK DALAM MAKANAN

PROPOSAL TUGAS AKHIR

No comments:

Post a Comment